Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Blog Comments Off 31

Kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua kalangan baik laki – laki atau perempuan, mulai anak – anak hingga orang tua. Kegiatan mendaki gunung ini jelas membutuhkn persiapan khusus, apalagi latar belakang dari mendaki gunung adalah bermain di alam bebas, dimana tempat bermain yang tidak lazim untuk ditinggali oleh manusia.

Lalu saya akan memberikan beberapa tips buat untuk pendaki pemula dan sudah berpengalaman sekalipun. Kegiatan mendaki gunung tidak hanya sebatas pada kegiatan tracking, summit, foto – foto di puncak, dan turun kembali ke basecamp. Akan tetapi dibalik semua itu ada nilai – nilai yang bisa diambil seperti : menghayati paradigma kehidupan, artinya adalah selalama pendakian pasti melewati berbagai macam cobaan seperti tanjakan yang berat, sifat yang egois, haus, lapar, mengantuk, kendala cuaca, cedera, beban berat, dan masih banyak lagi. Sebenarnya paradigma ini mirip dengan konsep kehidupan kita dalam sehari – hari seperti ingin mencapai puncak kehidupan dengan karir yang bagus, sekolah yang tinggi, prestasi yang bagus, dan sebagainya. Tentu saja untuk melewati semua itu pasti ada rintangan dan cobaan. Dengan mendaki gunung anda bisa mengetahui seperti ini lah yang dinamakan kehidupan di dunia nyata.

Selain itu, ada banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari pendakian gunung seperti menahan sifat egois, kerja sama tim, toleransi, tolong menolong, melatih mental dan fisik agar kuat, kepedulian dengan sesama, dan masih banyak lagi.

Kegiatan mendaki gunung, sebagaimana yang diketahui adalah kegiatan yang ada di alam bebas, penuh dengan tantangan dan petualangan, atau hal yang ekstrim. Oleh karena itu sebelum mendaki haruslah memiliki persiapan yang matang apalagi bagi pemula. Lalu saya akan memberikan tips bagi pemula untuk mendaki gunung.

1. Perencanaan

Yang pertama adalah merencanakan dengan matang – matang seperti pemilihan lokasi, rute pendakian, cuaca, jumlah anggota pendaki, jangka waktu, yang akan mempengaruhi sekali dengan perlengkapan dan peralatan yang juga harus dipersiapkan. Dan jangan upa untuk mendapatkan izin resmi dari pihak terkait.

2. Persiapan Mental dan Fisik

Tips yang berikutnya adalah mempersiapkan mental dan fisik yang kuat seperti melakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan jaga kesehatan agar tidak kaget disaat melakukan pendakian.

3. Mengetahui Rute dan Medan Yang Dilalui

Penguasaan medan dan rute adalah sebuah hal yang sangat penting disaat melakukan pendakian. paling tidak jika pendakian dalam satu kelompok pendakian harus ada lebih dari satu yang sudah benar – benar hafal dengan rute dan medan pendakian.

4. Perlengkapan Efektif dan Berdaya Guna

Persiapan perlengkapan disesuaikan dengan lokasi, rute, jangka waktu, jumlah pendaki, dan kondisi cuaca. Namun ada beberapa perlengkapan penting untuk pendakian seperti : tas khusu pendakian (carrier), sepatu tracking, sandal gunung, jaket gunung, ponco, matras, sleeping bag, baju ganti, pencahayaan, tenda, kantong plastik, peralatan masak mini, alat komunikasi (jika bisa telepon satelit), peralatan survival, dan obat – obatan pribadi.

5. Logistik Bahan Makanan Yang Mencukupi

Bawalah makanan ringan, praktis namun mencukupi memiliki kalori. Dan juga membawa bahan makanan yang cepat bila dimasak. Jangan membawa dan mengkonsumsi alkhohol meskipun bisa menghangatkan tubuh, alkhohol bisa memicu pecahnya pembuluh darah kapilerkarena terlalu cepat memuainya dalam tubuh.

6. Mendapatkan Izin

Sebelum melakukan pendakian harus lapor dan izin dari pihak – pihak terkait teutama dari pos pendakian. Di pos pendakian ini anda harus mengisikan di buku tamu seperti nama, alamat lengkap, dan nomor telepon teman atau keluarga yang dapat dihubungi apabila terjadi musibah. Setelah turun dari pendakian harap melapor kembali ke pos pendakian.

7. Tidak Merusak Alam

Pada waktu pendakian di harap tidak merusak alam sekitar atau menyakiti alam yang bisa mengurangi keindahan. Selama pendakian hindari tindakan – tindakan corat – coret (vandal), membuang sampah sembarangan, memetik bunga yang dilindungi (edelweiss), dan berburu hewan. Harap jaga kelestarian alam dan mencegah punahnya hewan yang dilindungi.

Search

Back to Top