Makanan Khas Jawa Timur Yang Wajib Di Coba Jika Berkunjung

Makanan Khas Jawa Timur Yang Wajib Di Coba Jika Berkunjung

Blog Comments Off 110

Di Jawa Timur tidak hanya terkenal dengan tempat wisata – nya  yang banyak. Namun wisata kulinernya juga banyak sekali. Makanan dari Jawa Timur juga enak – enak dan tidak kalah dari daerah lain. Di setiap daerah yang ada di Jawa Timur pun mempunyai makanan yang berbeda juga. Dan anda pun akan menemukan sensasi berbeda juga saat wisata kuliner di Jawa Timur. Contohnya jika anda berkunjung ke Pulau Madura, anda akan menemukan makanankhas dari sana seperti Bebek Sinjay dan Sate Maduranya yang terkenal. Lalu dari pada anda penasaran dengan makanan khas Jawa Timur , berikut saya akan memberikan referensi seputar Makanan Khas Jawa Timur Yang Wajib Anda Coba.

1. Rawon

Anda belum pernah melihat makanan yang memiliki kuah berwarna coklat sedikit kehitaman? Makanan ini namanya Rawon yang warnanya seperti itu. Warna kuah coklat yang sedikit kehitaman di dapat dari bahan bumbu dapur bernama kluwek.

Pasuruan merupakan daerah yang terkenal dengan makanan ini kalau di Jawa Timur. Makanan yang menggoda ini biasanya disajikan dengan nasi putih yang masih hangat, lalu di beri taburan bawang goreng di atasnya dan kerupuk udangnya yang renyah.

Isi dari makanan ini adalah tauge, sayuran hijau, telur asin, dan daging sapi dalam bentuk potongan dadu.

2. Rujak Cingur

Kalau makanan yang namanya rujak biasanya berisikan irisan buah – buahan yang disiram dengan bumbu kacang atau sambal. Namun kalau rujak yang berada di Jawa Timur ini berbeda isinya. Kalo rujak dari Jawa Timur ini berisikan cingur, tahu, tauge, mentimun, sayuran hijau, pelengkapan lainnya, dan yang jelas bumbu kacangnya. Cingur sendiri adalah artinya mulut, berarti rujak mulut sapi.

Bumbu yang digunakan adalah dari petis, gula merah, cabe, kecap, dan kacang tanah yang sudah digoreng. Bumbu tadi di campur dengan sayuran, cingur, dan pelengkap lainnya, lalu diberi sedikit air agar sedikit encer.

3. Lontong Kupang

Makanan satu ini juga terkenal dan khas dari Jawa Timur khususnya di daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan. Makanan ini biasanya disajikan dengan sate kerang dan minuman es degan.

Bahan utama dari makanan ini yang jelas adalah kupang putih, yaitu sejenis hewan laut semacam kerang namun betuknya hanya sebesar biji beras dan kedelai. Kupang yang telah dikupas kemudian dimasak. Lalu ditambahkan lontong dan lentho atau olahan dari singkong, kemudian disiram dengan kuah petis.

4. Pecel

Makanan yang satu ini sudah tidak usah diragukan lagi rasanya. Banyak sekali orang lokal maupun mancanegara yang menyukai makanan ini. Makanan ini sendiri terbagi atas beberapa pecel khas daerah seperti pecel Malang, Kediri, Madiun, Ponorogo, Jember, dan daerah lain.

Yang disajikan dalam makanan ini adalah sayuran hijau, tauge, tempe, dan rempeyek, dan yang jelas disiram kuah bumbu kacangnya.

5. Bakso Malang

Buat anda yang penggemar olahan daging berbentuk bola ini, salah satu makanan khas Jawa Timur juga ternyata, dan lebih tepatnya dari Kota Malang. Berbeda dengan bakso pada umumnya, bakso Malang memiliki berbagai macam – macam jenis bakso. Jenisnya ada bakso tahu, bakso biasa, bakso urat, bakso udang, bakso goreng, anda juga bisa menambahkan seperi pangsit basah atau kering, siomay, rempela ati, tahu, mie, dan lontong.

6. Bebek Sinjay

Jika anda adalah salah satu pecinta kuliner berbahan dasar bebek, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini. Dan jika anda berkunjung ke Pulau Madura hukumnya wajib untuk mencoba makanan ini.

Makanan yang satu ini paling nikmat jika dinikmati bersama nasi hangat dan kremesan, jangan lupa dengan sambal pencitnya yang berbahan dasar mangga muda. Bebek disini rasanya empuk dan tidak amis.

7. Sate Madura

Di setiap kota besar di Indonesia hampir semua ada pedagang sate. Sate madura tidak hanya daging ayam saja, namun juga ada daging kambing dan sapi juga dan sama – sama lezatnya. Biasanya gerobak milik pedagangnya akan ada kaki kambing yang digantung. Untuk pemanggangan biasanya menggunakan arang batok kelapa.

Seperti pada sate umumnya, sate yang sudah dipanggang disiram bumbu kacang.

Search

Back to Top