Indahnya Gunung Ijen Di Jawa Timur

Indahnya Gunung Ijen Di Jawa Timur

Blog Comments Off 18

Indonesia merupakan ring of fire yaitu sebuah lingkaran tektonik yang menyebabkan indonesia dikelilingi oleh gunung berapi mulai dari ujung sabang sampai merauke. Di jawa timur ada gunung yang mengandung kadar belerang yang tinggi yaitu gunung welirang da juga gunung ijen yang berada di perbatasan antara bondowoso dan banyuwangi, gunung ijen merupaka wisata favorit jawa timur banyak sekali wisatawan yang berasal dari luar kota banyuwangi maupun mancanegara di jawa timur tersedia sewa mobil malang untuk penyedia jasa tour turis mancanegara. Mereka berbondong – bondong untuk menikmati keindahan gunung ijen karena keunikannya dari sekian banyak gunung di jawa timur, gunung ijen merupakan gunung yang mempunyai blue fire dan hanya terdapat 2 di dunia selain itu gunung ijen merupakan cagar alam yang dilindungi oleh unesco

Dengan luaas mencapai 2560 hektare dan hutan wisata seluas 92 hektare, kawah ijen terletak di puncak dari gunung ijen. Gungung ijen sendiri memiliki ketinggian mencapai 2443 Mdpl. Dan berdampingan dengan gunung raung dan gunung merapi di jawa timur.

 

Kawah ijen merupakan sebuah danau yang terbentuk karena letusan gunung berapi pada waktu silam dan menimbulkan bentukan kawah yang sangat menakjubkan. Dan yang menarik danau ini berada di tengah dari kaldera gunung ijen dan merupakan terluas di pulau jawa dengan luas wilayah mencapai 6KM, dan kawah dari gunung ijen memiliki kedalaman sekitar 300 m dibawah dinding kaldera.

 

FAKTA MENARIK GUNUNG IJEN

Banyak dari wisatawan yang telah mengunjungi tempat ini berpendapat bahwasanya, dengan mengunjungi kawah Ijen kita akan lebih menghargai kehidupan. Bagaiman tidak, pengunjungi yang kesini akan banyak melihat para penambang yang berlalu – lalang menjajaki sekitar kawah dengan membawa beban belerang yang sangat berat. Penambang tersebut masih menggunakan cara tradisional. Lelehan belerang disalurkan melalui pipa yang berasal dari sumber gas vulkanik yang mengandung sulfur. Gas inilah yang dialirkan melalui pipa lalu keluar dalam bentuk lelehan belerang berwarna kemerah – merahan . Belerang tersebut akan membeku berwarna kuning. Bekuan inilah yang akan diambil oleh pekerja tambang.

Biasanya para penambang belerang melakukan pekerjaanya dengan berjalan kaki, menuruni kaldera sejauh 3 km untuk mengambil belerang. Itu bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, karena mereka masih harus menggali terlebih dahulu dengan menggunakan alat seadanya. Kemudian betu – batu tersebut dipecah dan diletakkan pada dua keranjang sama besar. Seorang penambang belerang bisa memikul batu seberat 100 kg. Hal ini bukan beban yang ringan dan mudah untuk dilakukan. selain itu untuk mengantisipasi bau menyengat dari asap belerang mereka menggunakan alat pernapasan seadanya yang digunakan sebagai masker pelindung.

Mereka memikul batu tersebut menuju Pos Bundar. Disinilah mereka akan menimbang hasil tambang belerangnya. Di pos inilah Anda bisa menyaksikan betapa kerasnya kehidupan mereka. Beberapa dari mereka terlihat sedang meregangkan otot di keteduhan pohon yang rindang, dan lainnya, mengemasi bongkahan batunya kedalam karung untuk kemudian dipikul menuju truk pengangkut. Seperti siswa sekolah yang pada pagi hari di absen oleh gurunya, merekapun dipanggil satu persatu untuk menimbang muatannya, kemudian mengubahnya ke dalam rupiah pada saat itu juga.

Harga untuk tiap satu kilogram bongkahan batu belerang sebesar Rp. 330,- namun setelah dibawa ke truk harganya bisa mencapai Rp. 1.330,-. Selisih yang cukup besar, penghasilan yang mereka dapat tidak sebanding dengan bahaya yang mereka dapatkan dalam mempertaruhkan nyawa. Mengingat sulitnya pekerjaan yang mereka lalui, dalam sehari seorang penambang hanya mampu mengangkut dua kali. Pekerjaan yang mempertaruhkan nyawa seperti ini mereka lakukan guna mencukupi kehidupan sehari – hari. Jadi apabila Anda kesana, janganlah enggan menyapa mereka. dan membaurkan dengan para penambang, meski pekerjaan terasa sangatlah berat, namun mereka tetap ramah dan santun, serta akan memberikan jawabaan atas semua pertanyaan yang ingin Anda ketahui.

 

Search

Back to Top